Tips Merawat Tubuh Bagi Muslimah


Tips Merawat Tubuh Bagi Muslimah

Merawat tubuh merupakan salah satu cara menysukuri karunia Allah. Di antaranya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman? Dengan kebersihan dan kesehatan yang terjaga, tentu akan menunjang  aktivitas berdakwah kita. Berikut ini adalah tips-tips merawat tubuh bagi muslimah :

1. Bersihkan wajah secara teratur setiap pagi dan malam hari. Gunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit. Pakailah toner untuk mengangkat sisa kotoran sekaligus mengembalikan kesegaran kulit. Pilihlah sabun muka dengan PH balance dan sesuaikan dengan jenis kulit. Seminggu sekali gunakan scrub dan masker wajah sesuai jenis kulit untuk menghaluskan dan melembutkan wajah.

2. Saat tidak ada nonmuhrim di rumah, bukalah jilbab. Berilah kebebasan pada rambut untuk bernafas. Biarkan rambut tergerai tanpa ikatan. Rajinlah keramas dengan menggunakan shampoo yang cocok dengan jenis rambut Anda. Gunakan kondisioner untuk melembutkan rambut, vitamin rambut untuk memberi nutrisi dan mencegah kerontokan pada rambut. Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena dapat merusak rambut anda.

3. Bersihkan tubuh minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Pilihlah sabun mandi yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Seminggu sekali, gunakan lulur mandi atau scrub untuk mencerahkan kulit sekaligus mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

4. Gunakan hand body lotion setiap hari setelah mandi dan sebelum tidur, agar kulit tidak kering dan menjaga kelembapan kulit. Rapikan kuku seminggu sekali, agar kuku terlihat bersih, rapi dan tidak kotor.

5. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda. Pakailah obat kumur jika perlu. Periksakan kesehatan gigi Anda ke dokter gigi.

6. Sayangilah mata dengan mengistirahatkan sesaat setelah menghadap komputer atau smartphone, membaca buku, atau menonton televisi. Kompreslah dengan air dingin untuk meredakan ketegangan otot mata.

7. Kenakan sepatu yang ukurannya pas untuk menghindari kapalan pada kaki telapak dan jari kaki. Gantilah kaos kaki setiap hari agar tidak menimbulkan bau dan jamur pada kaki. Jangan lupa memotong kuku kaki seminggu sekali dan  gunakan sikat kuku kaki untuk neluruhkan sel kulit mati.

8. Gantilah jilbab sehari sekali. Maksimal penggunaan jilbab sebanyak 2 kali. Jika dipakai seharian penuh untuk beraktivitas sebaikanya diganti. Jangan memakai jilbab yang menyerap panas matahari di siang hari. Jangan memakai jilbab saat rambut masih basah dan usahakan tidak mengenakan jilbab dengan lapisan yang terlalu tebal.

9. Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan, seperti jogging, jalan kaki, lompat tali, berenang, bersepeda, dll. Dengan olahraha, tubuh jadi lebih bugar, sehat, pikiran segar dan terhindar dari stress.

10. Makanlah makanan yang menyehatkan. Makanan yang sehat dapat membuat badan sehat dan berenergi.

11. Jangan melupakan kecantikan dan kesehatan hati. Jagalah kesucian dengan menjaga wudhu, shalat lima waktu, memperbanyak shalat malam, mengaji dan berdoa.   

Sumber: Majalah Annida No. 14, 15 Mei 2005

Comments

Popular Posts