Cara Menanam Biji Bunga Morning Glory dengan Mudah


Cara Menanam Morning Glory

Awal bulan Juli ini saya sedang menekuni hobi menanam bunga. Sebelumnya saya sudah berkebun sayur dan buah. Kali ini saya mencoba menanam bunga Morning Glory dari biji. Saya pernah mencoba menanam bibit morning glory tahun lalu. Sayangnya belum berhasil (^_^). Oleh karena itu saya ingin mencoba lagi menanam bunga morning glory karena saya penasaran dengan keindahan bunganya.

Morning Glory adalah tanaman hias merambat yang memiliki bunga-bunga yang cantik. Sekilas tanaman Morning Glory ini seperti tanaman liar merambat yang sering saya temui dipinggir jalan. Morning Glory memiliki nama latin Ipomoea. Ada berbagai macam Morning Glory yaitu Mexican Morning Glory atau Common Morning Glory (Ipomoea Purpurea dan Ipomoea Tricolor), Japanese Morning Glory (Ipomoea Nil) dan Moonflower (Ipomoea Alba). Morning Glory ini masih satu keluarga dengan jenis tanaman kangkung (Ipomoea Aquatica). Kalau anda pernah lihat bunga sayur kangkung, bunganya mirip sama morning glory (^_^). Bedanya kalau morning glory jenis tanaman hias dan bunganya beraneka jenis, bentuk dan warna yang indah.



Gambar-gambar berbagai jenis morning glory:

 .: Mexican Morning Glory :.
Ipomoea Purpurea dan Ipomoea Tricolor



.: Japanese Morning Glory :.Ipomoea Nil


 .: Moonflower :.
Ipomoea Alba


.:  Kangkung :.
Ipomoea aquatica 

Bunga sayuran kangkung. Bunganya cantik dan mirip Morning Glory
(^_^)


Saat ini saya sedang mencoba menanam bunga Japanese Morning Glory (JMG) Mixed. Saya semai 3 biji morning glory, Alhamdulillah semuanya bisa berkecambah dalam waktu kurang dari seminggu. Ternyata tidak begitu sulit menanam bunga morning glory dari benih.

Bagaimana cara menanam morning glory? 
Caranya sangat mudah. Berikut ini adalah cara menanam biji morning glory yang tertera di kemasan biji bunga yang saya beli:
  • Rendam biji morning glory dalam air bersih selama 12 – 24 jam.
  • Siapkan media semai berupa tanah yang subur atau campuran Tanah Humus: Sekam bakar : Pupuk Organik (3:1:).
  • Tanam biji pada media semai dengan kedalaman 0.5 – 1 cm. Pastikan media semai tetap lembab, siram 2 kali sehari. Jangan siram bila
  • mendung/hujan.
  • Letakkan pot persemaian di lokasi yang hangat < 25° C, jangan menempatkan pot persemaian di lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Dalam waktu 5 – 21 hari benih akan tumbuh.
  • Setelah tanaman cukup kuat, dapat dipindahkan ke lahan atau ke wadah yang lebih besar.
Berikut ini adalah pengalaman saya menanam biji morning glory:

- Saya rendam biji morning glory ke dalam air bersih selama seharian.
- Besoknya, saya lihat kulit biji morning glory sudah ada yang agak terkelupas lalu saya langsung tanam di polibag atau pot yang sudah diisi dengan media tanam yaitu tanah subur. Saya menggunakan media tanam yang dijual dalam bentuk karungan yang sudah ada campuran tanah humus, sekam, dan pupuk organik. Siram secukupnya.
- Saya menaruh pot atau polibag biji morning glory ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.
- Dalam waktu 1-3 hari setelah ditanam biji morning glory sudah mengeluarkan akar dan berkecambah. (^_^)

Tips: kalau ingin prosesnya lebih cepat, anda bisa menggores sedikit saja kulit biji morning glory yang bewarna coklat. Agar air bisa cepat masuk ke bagian dalam biji morning glory. Tapi hati-hati ya, jangan sampai saat menggores terkena bagian dalam bijinya. Cukup kulit luarnya saja (^_^).

Berikut ini adalah gallery foto-foto biji morning glory yang saya tanam dan sudah berkecambah dan mengeluarkan daun sejati morning glory.
Nanti kalau sudah tumbuh bunganya akan saya update (^_^)

Biji Morning Glory sudah mengeluarkan daun

Morning Glory Seedling.

Daun Sejati Morning Glory. Morning Glory True Leaves

Cara Menanam Bunga Morning Glory dari Biji

Japanese Morning Glory True Leaves




- Karena fotonya pakai handphone jadi kualitasnya gambarnya low hehehe

Saat itu saya semai 3 benih morning glory dalam 1 polibag. Karena yang saya tanam jenis morning glory mix alias campuran, jadi saat tumbuh daun bentuknya berbeda dan saya penasaran, akan seperti apa ya nanti bunganya? Bunga misteri... hehehe (^_^)

Happy Gardening (^_^)


Update - Agustus 2015

Hallo... kali ini saya mau update perkembangan tanaman Morning Glory yang saya tanam awal Juli lalu. Alhamdulillah, awal bulan Agustus ini Morning Glory-nya sudah berbunga! Ternyata cepat juga mulai dari semai biji sampai berbunga hanya perlu waktu sekitas 1-1,5 bulan.
Tapi dari 3 Morning Glory yang saya tanam hanya 2 yang selamat. Yang satunya mati karena mengalami busuk pada pangkal batang, jadi enggak bisa diselamatkan :'(

Ok... lanjut, berikut ini adalah tampilan bunga morning glory yang sudah mekar. Mau tau seperti apa? Ini dia... jeng jeng... (^_^)

Untuk tanaman Morning Glory yang pertama ternyata bunganya warna putih :D. Saya kasih nama snowie hehehe





Bunga morning glory cantik ya ternyata. Saya suka melihat lekukan/lipatan kelopak bunganya itu (^_^). Kelopak bunganya juga lembut dan tipis. Kalau terkena angin sebentar, kelopak bunga bisa cepat 'lecek' (^_^). Bunga morning glory hanya bertahan 1 hari. Mekar dipagi hari, sorenya layu.



Tanamannya kecil ya? Saya pikir, tanamannya akan tumbuh besar dan bunganya juga besar. Tapi ternyata enggak (^_^). Tanamannya pendek dan bunganya juga kecil. Saya kurang tau apa penyebabnya morning glory tumbuh kecil dan kerdil. Mungkin kurang subur, media tanam yang kurang bagus, kurang sinar matahari atau karena saya semai biji morning glory di kapas jadinya tumbuh kecil. Tapi enggak apa-apa, malah lucu, unik dan unyu-unyu hehehe (^_^).

Ok, selanjutnya ini bunga morning kedua yang mekar di awal bulan Agustus. Bunga morning glory ini berwarna pink muda. Saya kasih nama sakura (^_^)


Bunga Morning Glory sebelum mekar. Cantik ya




Lalu ini bunga morning glory yang tumbuh di pertengahan Agustus. Bunga morning Glory ini berwarna biru keunguan. Cantiknya.... saya suka banget sama warnanya (^_^)






Update Bunga Morning Glory - September 2015

Di bulan September ini, dari 5 Morning Glory yang saya tanam sebelumnya sekarang hanya tersisa satu tanaman saja :'( hiksss... Bunga yang tersisa yang bewarna ungu kebiruan itu :). Yang lainnya mati karena kepanasan dan busuk akar.

Tapi... di awal bulan September ini ada satu bunga morning glory yang mekar. Bunga morning glory ini berbeda dengan yang saya tanam sebelumnya. Namanya bunga morning glory Kikyo Zaki. Dari 5 biji morning glory yang saya semai, yang berhasil tumbuh hanya 2 biji.

Berikut penampakan bunga morning glory Kikyo Zaki yang bunganya berwarna biru cantik dan berbentuk seperti bintang.

morning-glory-kikyo-zaki
Morning Glory Kikyo Zaki

   
Morning Glory Kikyo Zaki  


Comments

  1. Replies
    1. Sudah banyak yang jual kok mba di online shop, saya pernah beli dan daya tumbuhnya bagus, baru semai 4 hari yang lalu sih hehehe

      Delete
  2. Wah saya kira pas tanamannya sudah menjalar baru deh bunganya akan muncul. Ternyata pas tanamannya masih kecil pun sudah berbunga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau morning glory jepang lebih cepat berbunganya daripada jenis mg lain kyk heavenblue atau grandpa oat (^_^)

      Tapi ini juga karena waktu itu salah media tanam, jadi tumbuhnya kerdil dan kurang bagus. Saya coba lagi pakai media tanam yg lain, alhamdulillah bisa tumbuh normal... merambat dulu baru berbunga dan bunganya juga besar. (^_^)

      Delete
  3. Bunga blue sky saya koq daunnya lebat banget tapi tidak berbunga ya? Posisi matahari bagus dan tanahnya juga lembab. Kurang lebih sudah 3 bulan umurnya. Sudah seperti tanaman pagar bentuknya ha ha ha

    ReplyDelete
  4. Bunga blue sky saya koq daunnya lebat banget tapi tidak berbunga ya? Posisi matahari bagus dan tanahnya juga lembab. Kurang lebih sudah 3 bulan umurnya. Sudah seperti tanaman pagar bentuknya ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang daunnya bentuk hati ya? kalau jenis yg itu memang daun lebat, jadi dia numbuhin daun yang banyak dulu nanti baru berbunga :)

      Delete
  5. jadi bunga ini ga kuat matahari ya kak? meskipun dah tumbuh sempurna?

    ReplyDelete
  6. Nice share, mbak. Sudah 18 biji MG yg saya tanam, ndak ada satu pun yg tumbuh. Boro2 numbuh, berkecambah pun ndak. Pdhal saya sdh ikuti petunjuk penanaman scr detil.
    Mohon info, gmn aturan penyiraman MG? Saya curiga di situlah letak masalahnya...
    Makasih ya mbak.

    Wassalam,
    Wins

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat. Semangat untuk menanam bunga.

    ReplyDelete
  8. Minta saran dunk, kalo sudah rimbun perawatannya gimana ya? MG sy rimbun banget dan sepertinya jadi bikin banyak nyamuk pas musim hujan dan udara lembab, thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipangkas.

      Di ketiak batang ada tunas yang nanti tumbuh jadi daun baru.

      Delete
  9. Waaaah, aku baru nanam 5 bibit MG dari biji yg jenis Scarlet O'Hara kak, setelah 8 hari udah lumayan tinggi dan bertunas, seru juga ya ternyata nanam bunga dari biji, tiap hari diperhatiin dan seneng banget pas lihat MGnya terus bertumbuh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts