Solusi Agar Kucing Tidak Buang Kotoran dan Pipis Sembarangan



Cara Mengatasi Kucing yang Buang Kotoran atau Buang Air Sembarangan

Hallo cat lover, pada artikel ini saya ingin berbagi tips dalam memelihara kucing yaitu bagaimana cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan.

Dulu waktu pertama kali saya memelihara kucing lokal saya kurang begitu perhatian soal urusan BAB kucing, cuek banget lah. Saya pikir kucing paling buang kotorannya di tanah terus nanti dikubur sendiri poopnya. Dan sampai akhirnya saya kena komplain tetangga dan ortu yang mengeluh kalau si meong buang kotoran di pot tanaman, di teras rumah dan di depan rumah. Alhasil baunya dahsyat....  belum lagi kalau si kucing lagi sakit perut dan mencret... @_@


Setelah itu saya cari informasi dan saya baru tau kalau kucing itu perlu disediakan tempat khusus untuk buang kotorannya agar tidak buang sembarangan lagi. Istilahnya Litter Box atau kotak pasir. Jadi kita sediakan ember atau baskom plastik terus nanti baskomnya diisi dengan pasir kucing. Nanti kucing bisa diajarkan untuk buang kotorannya dan pipis di ember plastik itu. Lalu  nanti kotorannya tinggal dibuang ditempat sampah dan pasirnya bisa dijemur setiap hari agar tidak lembab dan tetap kering.


bagaimana cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan.


Jadi saat itu saya langsung beli ember atau baskom plastik dengan bentuk kotak dan berukuran agak besar dan sesuai dengan ukuran kucing. Saya beli di toko plastik dan alat rumah tangga di pasar, harganya murah dibawah 15ribu waktu itu.



Terus untuk pasirnya saya pakai pasir kucing jenis gumpal. Belinya di petshop, biasanya ada beberapa jenis pasir kucing dan yang saya tau cuman pasir zeolit dan pasir gumpal. Kalau pakai pasir zeolit harganya murah, pasirnya berukuran agak besar seperti kerikil dan bisa dicuci atau dibersihkan.
Sedangkan kalau pasir gumpal, harganya agak mahal, pasirnya wangi dan pasir ini akan menggumpal kalau terkena air pipis atau kotoran kucing jadi harus langsung dibuang gumpalan pasirnya.

Saya pakai pasir kucing gumpal karena lebih praktis pemakaiannya dan juga wangi. Meskipun harga agak mahal tapi saya bisa pakai lebih dari 1 bulan untuk 1 karung karena kucing dirumah cuman 2 ekor dan pemakaiannya tidak terlalu banyak.



Terus untuk sekopnya bisa dibeli di petshop atau kalau saya dulu pakai sendok plastik yang sudah tidak terpakai. Waktu beli pasir kucing pernah dapat bonus sekop litter box juga... lumayan enggak usah beli.

Ok lanjut, setelah itu saya siapkan litter box kucing dan saya letakkan di tempat yang aman, nyaman dan tidak mengganggu orang lain. Lalu bagaimana cara mengajarkan agar kucing tidak buang kotoran sembarang dan mau pakai litter box atau kotak pasir?



Pengalaman saya saat itu, kucing dewasa cepat belajarnya. Sebelumnya saya letakkan kotoran dia di kotak pasir terus saya kasih tau dia kalau "buang poopnya disitu ya puss" hehehe...
kalaupun masih ada kucing yang belum ngerti tetap harus sabar ngajarinnya sampai dia ngerti. alhamdulillah waktu itu kucing saya gampang diajarinnya. Karena mereka juga pengen bisa buang poop dengan aman dan nyaman.
Kalau untuk anak kucing juga sama harus diajarkan setiap hari. Bisa dipantau gerakannya kalau anak kucing tersebut mau buang kotoran atau pipis, langsung segera dipindahkan ke kotak pasir. Ulangi terus setiap hari sampai akhirnya dia hapal kalau mau pipis atau buang poop di kotak pasir.



Setiap hari, kita bersihkan kotak pasirnya dari gumpalan poop dan pipis si kucing. Kalau dibiarkan menumpuk bisa bikin bau ruangan dan kucingnya juga enggak nyaman kalau kotak pasirnya kotor bisa-bisa si meong buang sembarangan lagi.
Tips untuk membuang kotorannya yaitu kotoran pasir tersebut kita masukkan ke dalam plastik, ikat dengan kencang dan rapat lalu dibuang ke tempat sampah. Jangan langsung membuang gumpalan pasir ketempat sampah tanpa dibungkus kertas atau plastik, karena nanti bisa menimbulkan bau dan pasir akan tercecer kemana-mana. Dan juga jangan dibuang ke toilet ya karena nanti bisa bikin toilet tersumbat.

Cara mengatasi kucing buang kotoran sembarangan


Dengan ada kotak pasir kucing (litter box) ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing maupun keluarga dan orang lain disekitar lingkungan dan juga menjaga kebersihan lingkungan, bebas kotoran, penyakit dan bau tidak sedap :). Memelihara kucing jadi nyaman dan aman tanpa pusing karena bau kotorannya dan juga bebas dari komplain tetangga hehehe




Oh ya beberapa teman saya juga ada yang mengajarkan kucingnya buang poop di toilet. Kalau anda punya waktu dan kesempatan, mungkin bisa mencoba mengajarkan kucingnya untuk menggunakan toilet, dengan begini jadi lebih hemat karena tidak perlu beli pasir kucing.

Selamat mencoba :)







Sumber gambar
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Japanese_litter_box_in_use.jpg
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Japanese_litter_box.jpg
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Catfiller.JPG
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Litter_box.jpg



Comments

  1. saya pusing kucingnya buang bab sembarangan. makasih infonya ya.

    ReplyDelete
  2. Apa benar lidi bisa ngusir kucing agar tak pop sembarangan

    ReplyDelete
  3. Kalo saya sendiri poop kucing tidak di buang ke tong sampah tapi ke lobang WC ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts