Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo Indonesia - Harga dan Spesifikasi

Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba membeli  smartphone android murah di marketplace Bukalapak  yaitu Sony Xperia Z3 Compact Docomo. Smartphone Android yang berkapasitas ram 2 GB dan memori  internal16 GB ini dijual dengan harga Sony Xperia Z3 Compact yang murah yaitu berkisar 600 - 700 ribuan saja. Ya namanya juga hp second murah. Tapi walaupun kondisinya bekas tapi seperti barang baru lho. Smartphone Sony Z3 Compact ini juga termasuk smartphone flagship pada tahun 2014 dan memiliki spesifikasi yang lumayan bagus untuk harga smartphone murah dibawah satu juta sehingga saya jadi penasaran ingin mencoba hp ini. Bagaimana dengan kualitasnya? Apakah sebanding dengan harganya? Berikut ini adalah review pemakaian smartphone Sony Z3 Compact Docomo selama beberapa bulan.




Unboxing Smartphone Sony Xperia Z3 Compact Docomo

Paket smartphone Sony Xperia Z3 Compact akhirnya tiba dan seperti inilah bentuk kemasannya. Begitu dibuka, hp ini hanya dibungkus dengan plastik bubble wrap tanpa kardus. Memangnya sih di keterangan penjualnya hanya bilang "hp dijual batangan." yang berarti yang dijual hanya berupa handphone/smartphonenya saja tanpa aksesoris dan kardus kemasan. ☺


Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo




Design Smartphone Sony Z3 Xperia Compact Docomo

Seperti inilah bentuk desain smartphone Sony Z3 Xperia Compact Docomo. Walaupun barang second tapi kondisi hp Sony Docomo X3 Compact ini masih bagus dan "mulus" istilahnya. Tidak ada lecet dan baret pada bagian body. Kondisi layar smartphone juga jernih, jelas, tidak ada spot ataupun noda.



Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo, Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact

Sony Z3 Compact Docomo Review



Bentuknya ringkas dan kecil dengan layar berukuran 4,6 inci namun pas dan nyaman  saat digenggam. Slot SIM hanya ada satu dan menggunakan kartu sim berukuran nano card. Slot kartu memori eksternal dan sim berada di bagian samping handphone. Pada bagian belakang body smartphone Sony z3 Compact ini berbahan kaca sedangkan di bagian sampingnya berbahan rubber/karet. Aslinya sih hp ini bisa tahan air tapi karena ini kondisinya bekas jadi saya gak yakin kalau tahan air. Menurut saya desainnya bagus dan stylish.


Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo, Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact


Kinerja Cepat

Kemudian saya coba charging dan proses pengisian baterai berjalan normal. Saat dinyalakan smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini juga berjalan dengan baik.  Awalnya menggunakan bahasa asing tapi bisa di setting bahasanya di bagian pengaturan. Smartphone Sony Xperia Z3 Compact Docomo ini sudah mendukung jaringan 4G. Sinyal telepon, WiFi dan koneksi internet berfungsi normal. Untuk sistem operasinya, smartphone ini menggunakan Android versi 6.0 Marshmellow.


Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo, Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact


Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo, Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact



Smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 dengan kecepatan 2.5 GHz quad-core dan ram berkapasitas 2 GB sehingga menghasilkan kinerja yang cepat dan responsif. Bisa menjalankan beberapa aplikasi tanpa lemot. Mau main game juga lancar jaya. Smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini juga memiliki kapasitas internal sebesar 16 GB yang cukup besar untuk menyimpan berbagai aplikasi, game, musik, foto, dan lainnya. Tersedia juga slot memori eksternal dengan kapasitas maksimal 256 GB yang bisa ditambahkan agar makin lega.

Spesifikasi prosesor dan ram smartphone Sony Z3 Compact


Spesifikasi Sony Z3 Compact


spesifikasi baterai Sony Z3 Compact

Kamera Depan Dan Belakang

Smartphone murah Sony Xperia Z3 Compact Docomo ini juga dibekali dengan kamera depan dan belakang. Kamera belakangnya berukuran 20,7 MP dengan resolusi 2160p@30fps,1080p@60fps, dan 720p@120fps serta tersedia pula fitur LED Flash dan HDR. Kamera depannya berukuran 2.2 MP  dengan resolusi 1080p@30fps.

Layar Mungil Tapi Kualitas Gambar Bagus dan Jernih

Smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini menggunakan tipe layar  IPS LCD capacitive touchscreen, berukuran 4,6 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Pada layar smartphone ini juga dibekali dengan fitur Shatter proof glass,  Triluminos display dan X-Reality Engine yang dapat menghasilkan tampilan yang jernih dan tajam.

Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo, Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact





Fitur Lengkap

Smartphone ram 2 GB harga murah Sony Xperia Z3 Compact ini juga dibekali dengan fitur konektivitas yang lengkap sehingga memudahkan kamu yang ingin mengkoneksikan atau menghubungkan smartphone Sony Xperia Z3 Compact dengan perangkat lain seperti komputer, laptop, TV, tablet, konsol game, wireless keyboard, mouse dan lainnya. Hp Sony Xperia Z3 Compact ini juga mendukung konektivitas bluetooth, NFC, GPS dan USB OTG.






Review Pemakaian Smartphone Sony Z3 Compact Docomo


Setelah menggunakan smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini selama 2 bulan ada kelebihan dan kekurangannya juga.

Kelebihan Smartphone Sony Z3 Compact:

  • Harga murah
  • Kinerja smartphone cepat dan responsif cocok untuk multitasking, nonton video, main game, menjalankan aplikasi word, mengedit foto, mengedit video.
  • Kualitas tampilan layar yang bagus dan jernih
  • Konektivitas lengkap
  • Kamera lumayan bagus, punya banyak fitur mode dan bisa merekam sampai dengan resolusi 4k.
  • Meskipun beberapa kali terjatuh, layarnya tidak mudah pecah dan bodynya juga tidak mudah lecet.


Review Sony Xperia Z3 Compact Docomo, Harga dan spesifikasi smartphone Sony Xperia Z3 Compact




Kekurangan Smartphone Sony Z3 Compact:
  • Suara volume audio speakernya kecil, baik saat digunakan untuk mendengarkan musik dan telepon meskipun volumenya sudah diatur dengan maksimal.
  • Kualitas kamera depannya kurang begitu bagus.
  • Warna layar terlalu kontras


Karena hp Sony Xperia Z3 Compact yang saya beli merupakan smartphone bekas/second murah , tentu ada kekurangannya dibandingkan dengan membeli smartphone dalam kondisi baru dan original. Setelah pemakaian selama beberapa waktu, ada beberapa kekurangan dan masalah seperti:


  • Sensor proximity yang tidak berjalan dengan normal. Jadi saat menggunakan telepon, layarnya mati saat sedang digunakan, tapi setelah itu layarnya tidak bisa menyala secara otomatis. Solusinya bagian atas hp (di bagian sensornya ditekan) baru layarnya bisa kembali menyala. Kalau begini mau menelepon juga jadi tidak nyaman rasanya. 
  • Layarnya hampir terlepas atau istilahnya mengangkat karena perekat atau lemnya tidak kuat jadi mudah lepas. Mungkin hal ini juga yg menyebabkan sensor proximity tidak bekerja dengan normal. Solusinya harus dipasang kembali menggunakan lem yang berkualitas.
  • Volume kecil dan suara speaker kresek-kresek
  • Karet penutup charging port yang mudah lepas.



Kesimpulan

Saya cukup puas membeli smartphone second murah Sony Xperia Z3 Compact Docomo ini. Dengan harga smartphone murah dibawah satu juta saya sudah bisa mendapatkan smartphone android dengan ram 2 GB dan memori 16 GB yang bagus, kinerja cepat dan kondisi yang baik. Cocok buat main game atau untuk menonton YouTube dan menjalakan aplikasi secara multitasking.☺



Tips Membeli Hp atau Smartphone Bekas/Second:

  • Sebelumnya cari review produknya di internet, biar tahu seperti apa sih hp ini dan spesifikasi smartphonenya. 
  • Cari seller yang terpercaya dan responsif 
  • Lihat komentar ulasan produknya apakah memuaskan atau sebaliknya. 
  • Baca kembali keterangan produk yang dijual. Plus minusnya, kondisi hpnya seperti apa dan spesifikasinya. Kalau ada yang kurang tanyakan langsung ke penjual agar lebih jelas. 
  • Pastikan juga ketentuan soal garansi dan retur barang.

Comments

Popular Posts