Pengalaman Ganti Kartu ATM BCA Chip

Pengalaman Ganti Kartu ATM Xpresi BCA Non Chip ke Chip

Saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mengganti kartu atm BCA Chip secara online. Saat ini saya memiliki kartu atm BCA Xpresi non chip dan harus segera mengganti kartu BCA berbasis chip sebelum tanggal 30 November 2021 karena setelah tanggal 1 Desember 2021 kartu atm non chip akan terblokir.

Hari Senin tanggal 15 November 2021 saya mencoba untuk mengganti kartu atm Xpresi non chip melalui aplikasi mobile banking BCA.


Tanggal 17 November 2021 dana sebesar 20.000 rupiah terdebit dari rekening oleh BCA untuk biaya pengiriman kartu.  


Tanggal 25 November 2021, kartu ATM chip juga belum diterima. Karena hampir 2 minggu menunggu tanpa informasi sejak penggantian akhirnya saya menelepon customer service menggunakan aplikasi Halo BCA. Saya menanyakan perihal status pengiriman kartu atm BCA Xpresi chip yang belum sampai padahal saya tinggal di area Jabodetabek. Saya juga tidak menerima informasi mengenai pengiriman kartu atm melalui sms dan email. 

Setelah di cek nomor rekening saya, ternyata belum bisa dilacak status pengirimannya. Jadi solusinya adalah saya harus datang ke bank BCA unruk mengurus pergantian kartu atm non chip ke chip yang nanti akan dibantu menggunakan mesin CS Digital.


Hari Jumat pagi tanggal 26 November 2021, saya pergi ke bank BCA terdekat dan disana saya dibantu  untuk mengganti kartu atm berbasis chip menggunakan mesin cs digital tanpa dikenakan biaya. Syaratnya hanya menggunakan KTP dan kartu ATM BCA non chip yang ingin diganti. Prosesnya hanya dengan verifikasi KTP, verifikasi sidik jari, kartu atm, dan nomor rekening pada mesin cs digital. Hanya perlu waktu beberapa menit, kartu ATM BCA Chip terbaru sudah jadi, langsung aktif dan bisa digunakan. 

Ini bentuk kartu atm berbasis chip yang saya dapatkan. Kartu yang dipilih adalah kartu atm BCA Xpresi GPN.



Ini adalah perbedaan kartu ATM chip dan non chip



Siang harinya ditanggal yang sama saya menerima SMS dari BCA kalau kartu BCA saya sedang dalam pengiriman. Tadinya saya kira kalau kartunya baru dikirim hari ini.  Tapi pada sore harinya saya menerima kiriman surat dari bank BCA yaitu kartu atm chip Mastercard yang saya buat melalui aplikasi mobile banking BCA tanggal 15/11 lalu.


Berikut ini adalah isi suratnya dengan kartu atm chip baru yang belum diaktif.



Kemudian pagi tgl 27/11 saya baru menerima informasi melalui email kalau kartu atm/debit BCA chip sudah dikirim. Telat ya.


Jadi saat ini saya memiliki 2 kartu ATM BCA chip. Kartu yang pertama  adalah kartu debit chip tipe GPN yang sudah aktif dan kartu debit chip tipe Mastercard yang belum aktif. Saya berencana untuk menggunakan kartu debit Mastercard untuk transaksi debit online. Saya sudah menanyakan perihal kartu ini ke Halo BCA dan customer service bilang kalau saya bisa mengaktifkan kartu atm Mastercard di mesin atm BCA dan nanti kartu GPN-nya jadi tidak aktif.  


Akhirnya proses pergantian kartu atm/debit dari non chip ke chip bisa beres juga sebelum terblokir. Pihak BCA juga telah mengirimkan kartu sesuai dengan permintaan meskipun datangnya agak telat.




Cara Aktivasi Kartu Chip melalui ATM BCA :

I. Request Kode Aktivasi Kartu via SMS

  • Lakukan permintaan kode aktivasi sesaat sebelum aktivasi di ATM
  • Kirim pesan dengan format berikut : AKTIVASI<spasi>16 digit nomor kartu
  • Kirim ke 69888
  • Kode aktivasi yang diterima akan kadaluarsa dalam 30 menit. (Pastikan nomor HP Anda terdaftar di BCA)

II. Lanjutkan Aktivasi Kartu melalui ATM

  • Pilih menu "Aktivasi Kartu ATM"
  • Masukkan Kartu
  • Masukkan kode aktivasi
  • Tunggu proses transaksi
  • Masukkan PIN baru
  • Konfirmasi ulang PIN
  • Aktivasi selesai




Comments

Post a Comment

Popular Posts